pic.twitter.com/27lRROoo

Via: @pearlfrompeeta

The Hunger Games: Songs from District 12 and Beyond Soundtrack is now widely release in Indonesia by Universal Music Indonesia!

Price: Rp75.000

Go get it, Tributes!

REVIEW IN BAHASA: The Hunger Games Soundtrack by Creative Disc

The Hunger Games sepertinya mempunyai sensasi tersendiri di tahun 2012 ini. Terbilang film yang diangkat dari sebuah novel best seller dengan judul yang sama karangan Suzanne Collins ini sukses menjadi salah satu film terlaris tahun ini. dan dibalik sebuah film, akan ada sebuah album soundtrack yang akan menghidupkan suasana film tersebut. maka dari itulah muncul sebuah album soundtrack untuk film The Hunger Games yang berjudul The Hunger Games : Songs from District 12 and Beyond.

Album ini terbilang memiliki sesuatu yang berbeda dari album soundtrack yang lainnya. Album yang berisikan 16 single ini terdiri dari banyak musisi dari berbagai genre. Sebut saja seperti Taylor Swift, Maroon 5, Arcade Fire, The Civil Wars, Birdy dan masih banyak musisi lainnya. Album yang memuat berbagai genre seperti rock, alternatife, pop, country dan folk ini sanggup termuat menjadi satu kesatuan yang menarik dan unik untuk dinikmati. Dan kesatuan ini menjadikan album ini terbilang bernuansa dark dan kelam, yang memang sangat mencirikan film The Hunger Games itu sendiri.

Album ini dibuka oleh dentuman yang mantap dari Arcade Fire untuk singlenya “Abraham’s Daughter “ yang mempunyai kekuatan yang sangat kuat sebagai pembuka album soundtrack ini. single yang sangat bernuansa dark dan kelam ini sanggup mencirikan keseluruhan isi album soundtrack The Hunger Games. Dan terbilang single ini sangat khas dan sangat cocok untuk menggambarkan film The Hunger Games. Selanjutnya kita akan di ajak untuk bersantai sejenak oleh The Secret Sisters dengan singlenya “Tomorrow Will Be Kinder” yang sangat mendayu – dayu dan kuat secara vokal dan musikalitas. Disusul oleh track berikutnya yaitu “Nothing To Remember” oleh Neko Case yang beat nya kembali naik tapi tidak terlalu upbeat tapi enak untuk didengar. Berikutnya adalah track unggulan dari album ini yaitu “Safe & Sound” milik Taylor Swift dan The Civil Wars. Single ini terbilang sangat berbeda untuk single – single yang dibawakan oleh Taylor Swift. Nuansa county folk yang kelam sangat kita rasakan untuk single ini. Alunan musik dari The Civil Wars sanggup menghadirkan sebuah single yang dark dan kelam juga sangat kuat secara lirik. Ditambah alunan suara Swift yang pas dan menyatu sehingga menghadirkan sebuah single yang sangat kelam dan sangat emosional untuk film THG.

Setelah itu kita akan disambut oleh Kid Cudi dengan singlenya “The Ruler and The Killer” yang sangat berbeda dengan musik – musik dia sebelumnya. Setelah Swift, kali ini Kid Cudi sepertinya memiliki kesempatan dalam mencoba sesuatu yang baru dalam bermusik. Karena itulah single ini terdengar sangat kelam dengan dentuman yang sangat tegas. Dan menjadikan single ini sebagai salah satu yang terkelam di album ini. setelah mendengar sesuatu yang kelam kita dibawa kembali ke suasana yang santai, dan itu kita bisa rasakan di single milik Punch Brothers yaitu “Dark Days”. Single ini memiliki nuansa country yang kuat dan kita yang mendengarkannya akan terbawa ke suasana country yang sedikit kelam. Setelah bercountry, kembali kita di ajak untuk rock dengan hadirnya single “One Engine” milik band alternatife rock, The Decemberists. Single rock yang beatnya tidak terlalu keras namun tegas dalam penyampaian. Dan single ini terbilang menjadi salah satu single promosi untuk album soundtrack THG. Dan sepertinya pola dari album ini adalah selang – seling yaitu menghadirkan musik yang beat dan slow secara bergantian. Dan itu terbukti dengan single “Daughter’s Lament” milik The Carolina Chocolate Drops yang minim instrumen dan hanya menghandalkan vokal sang vokalis. Dan terbilang ini menjadi salah satu yang menarik karena musikalitas yang dihadirkan sangat kuat dalam lirik. Dan nuansa yang dihadirkan terbilang seperti kita di ajak berbicara dalam single ini.

Kembali kita dibawa ke nuansa folk country oleh The Civil Wars dengan singlenya “Kingdom Come” yang sangat kental nuansa nya seperti single Safe & Sound. Dengan vokal yang kuat dan musik yang kuat, The Civil Wars menjadi musisi yang sepertinya mampu mengantar kita dalam cerita The Hunger Games yang penuh petualangan dan konflik di dalamnya. Lalu kita dibawa nge-rock kembali oleh single “Take The Heartland” milik Glen Hansard yang tema musiknya seperti One Engine tapi lebih menghentak dan lebih semangat. Lalu kita akan kembali dikejutkan oleh musisi yang keluar pakem musiknya, yaitu Maroon 5. Yang mengajak duet Rozzi Crane dalam single “Come Away” yang sangat kental nuansa pop folk nya. Menjadikan ini menjadi single Maroon 5 yang sangat berbeda dan menarik. Adam Lavine sepertinya sanggup menyajikan sesuatu yang berbeda dan bagus dalam penyampaian baik dari segi lirik dan musikalitas. Track selanjutnya kembali kental dengan aura country yaitu milik Miranda Lambert dan Pistol Annies yang membawakan single “Run Daddy Run” yang terasa sekali aura country yang kelam dan disajikan dengan sangat manis.

Diajak tenang kembali oleh single “Rules” milik Jayme Dee. Dee memberikan nuansa tenang dan santai di single Rules. Dan memang single – single tenang dan nyaman ini berasa seperti check point untuk album ini yang membuat kita tenang sejenak dalam mendengarkan keseluruhan album OST. Lalu kita kembali mendengar suara manis Swift yang membawakan single pop yang lebih upbeat daripada single single Safe & Sound sebelumnya. “Eyes Open”menjadi single manis yang sangat memikat. Swift sepertinya mampu menjadikan single ini “light” di tengah kelamnya album. Dan sepertinya 2 single penutup yang tersisa akan menjadi penutup yang sangat sempurna. Pertama ada single “Lovers Is Childlike” milik The Low Anthem yang santai dan unsur kelam sangat terasa tapi nuansanya sangat tenang. Aransemen musik dan vokal yang dihadirkan terbilang sangat bagus. Dan akhirnya album ini ditutup oleh single manis milik Birdy yang berjudul “Just A Game” yang sangat kuat pembawaanya. Birdy menjadikan alunan piano dan vokal yang kuat dalam menghadirkan single ini. alunan suara birdy terbilang sangat khas dan membuatnya menjadi musisi yang pas dalam menutup album soundtrack The Hunger Games.

Dan dilihat dari inilah, mengapa single ini dapat menjadi terbilang sukses besar. Dengan terjual sebanyak 175.000 kopi di minggu pertama menjadikan album ini menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 200 album chart. Dan sepertinya album ini akan sukses besar sejalan dengan filmnya yang juga sukses. Dan buat penikmat musik, album soundtrack ini wajib menjadi album soundtrack wajib koleksi untuk tahun ini.

Track list:

No. Title Music Scene Length
1. “Abraham’s Daughter” Arcade Fire 3:22
2. “Tomorrow Will Be Kinder” The Secret Sisters 3:25
3. “Nothing to Remember” Neko Case 2:58
4. “Safe & Sound” (featuring The Civil Wars) Taylor Swift 4:00
5. “The Ruler and the Killer” Kid Cudi 4:33
6. “Dark Days” Punch Brothers 3:53
7. “One Engine” The Decemberists 3:01
8. “Daughter’s Lament” Carolina Chocolate Drops 2:46
9. “Kingdom Come” The Civil Wars 3:42
10. “Take the Heartland” Glen Hansard 2:45
11. “Come Away to the Water” (featuring Rozzi Crane) Maroon 5 5:13
12. “Run Daddy Run” (featuring Pistol Annies) Miranda Lambert 2:45
13. “Rules” Jayme Dee 3:27
14. “Eyes Open” Taylor Swift 4:04
15. “Lover Is Childlike” The Low Anthem 4:15
16. “Just a Game” Birdy 4:01

(Source: CreativeDisc)

(Thank you @AlyAnastasya13 and @PearlFromPeeta for the info!)

About Komunitas Indo Hunger Games

The Hunger Games Indonesia, known as Indo Hunger Games, since September 8, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s